In Kuliah

Organisasi Bisnis Perusahaan



SDM (Struktur Organisasi, Deskripsi dan Spesifikasi tugas, Sistem Penggajian, dan Proses Rekruitmen)

Struktur Organisasi
Struktur organisasi adalah sebuah garis hierarki yang ada dan berlaku pada perusahaan. Biasanya, struktur organisasi perusahaan akan dibuat dalam struktur fungsional. Dimana masing-masing posisi memiliki fungsi yang jelas. Salah satu gambaran struktur organisasi perusahaan diantaranya adalah sebagai berikut:
·         General Manajer
·         Direktur
·         General Affair
·         Personalia Department
·         Accounting Department
·         Purchasing Department
·         Marketing Department
·         R & D Development
·         Quality Assurance Department
·         Maintenance Department
·         Public Relation Department
Macam-macam struktut organisasi perusahaan
Secara umum, struktur organisasi sendiri terbagi menjadi lima kelompok besar, sebagai berikut:
1.       Struktur organisasi fungsional
2.       Struktur organisasi proyek
3.       Struktur organisasi matriks
4.       Struktur organisasi usaha
5.       Struktur organisasi tim kerja

Deskripsi dan Spesifikasi Tugas
Contoh struktur organisasi sebuah perusahaan
Deskripsi tugas :
1.       Dewan direksi
Dewan direksi terdiri dari satu orang direktur utama, tiga orang wakil direktur utama dan enam orang direkturt. Tugas utama dari dirkesi:
·         Menentukan usaha sebagai pimpinan umum dalam mengelola perusahaan
·         Memegang kekuasaan secara penuh dan bertanggung jawab terhadap pengembangan perusahaan secara keseluruhan
·         Menentukan kebijakan yang dilaksanakan perusahaan, melakukan penjadwalan seluruh kegiataan perusahaan.
2.       Direktur utama
·         Mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan-kegiatan di bidang administrasi keuangan, kepegawaian dan kesekretarian.
·         Mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan pengadaan dan perlatan perlengkapan.
·         Merencanakan dan mengembangkan sumber-sumber pendapatan serta pembelanjaan dan kekayaan perusahaan.
·         Mengendalikan uang pendapatan, hasil penagihan rekening penggunaan air dari langganan.
·         Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan dewan direksi
3.       Direktur
·         Menetapkan prosedur kegiatan perusahaan ditiap-tiap manajer untuk mencapai sasaran yang ditetapkan perusahaan.
·         Menetapkan tujuan dari tiap-tiap manajer yang ada.
·         Mengawasi dan mengkoordinir kegiatan-kegiatan dari manajer secara periodik dan pertanggungjawabannya.
·         Mengadakan pengangkatan, mutasi dan pemberhentian karyawan beserta gajinya.
·         Menetapkan kebijakan operasional perusahaan untuk jangka pendek.
4.       Direktur keuangan
·         Mengawasi operasional mengenai keuangan perusahaan.
·         Melakukan pengecekan lapangan mengenai bagian keuangan.
·         Meminta pertanggungjawaban dari tiap-tiap bagian yang ada dibawahnya.
·         Mempertanggungjawabkan kegiatan yang ada mengenai bagian keuangan.
·         Menetapkan prosedur pelaksanaan secara rinci tentang keuangan.
5.       Direktur personalia
·         Mengembangkan sistem perencanaan personalia dan pengendalian kebijakan pegawai.
·         Melaksanakan kebutuhan administrasi dan kepagawaian.
·         Membina pengembangan staff administrasi
6.       Manager
·         Pengarahan yang mencakup pembuatan keputusan, kebijaksanaan, supervisi, dan lain-lain.
·         Rancangan organisasi dan pekerjaan.
·         Seleksi, pelatihan, penilaian, dan pengembangan.
·         Sistem komunikasi dan pengendalian.
·         Sistem reward
7.       Manager personalia
·         Buat pengorganisasian, perencanaan program dan pengendalian unit personalia.
·         Buat flow process administrasi seluruh kegiatan personalia.
·         Sistem penyediaan data karyawan, surat-surat serta form administrasi kegiatan personalia.
·         Buat dan pastikan sistem dokumentasinya yang efektif.
·         Buat sistem pelaporan seluruh kegiatan personalia.
8.       Manager pemasaran
·         Menetapkan prosedur operasional informasi yang lebih efisien.
·         Melaporkan hasil kerja kepada direktur secara berkala.
·         Bertanggungjawab penuh tentang fungsi dan tugas sebagai kepala bagian pemasaran secara berkala kepada direktur.
9.       Manager pabrik
·         Bertanggung jawab kepada direktur perusahaan langsung.
·         Melakukan konsultasi berkala supaya tercapai keselarasan pelaksanaan tugas.
·         Bersama-sama dengan bagian lain untuk mengantisipasi dan mengatasi berbagai persoalan produksi.
·         Mengarahkan setiap bagian yang di tunjuk oleh direktur perusahaan.
·         Bersama-sama dengan supervisor menangani masalah pabrik.
10.   ADM & Gudang
·         CMT bertugas untuk mengurus hal-hali berkaitan dengan pihak outsourcing.
·         Accounting bertugas untuk melakukan membukukan transaksi yang terjadi.
·         Kasir bertugas untuk membuat laporan penerimaan dan pengeluaran uang  harian.
11.   Divisi regional
·         Mengelola asset untuk menjalankan bisnis secara benar sesuai arah perusahaan.
·         Menyepakati target kinerja dengan direksi.
·         Beroperasi sebagai badan usaha yang member keuntungan kepada pemilik modal.
·         Menjalankan kebijakan dan prosedu baku yang ditetapkan oleh kantor pusat.
·         Menciptakan dan meningkatkan nilai tambah perusahaan bagi pemilik modal, calon penanam modal dan pemangku kepentingan.
 
source :
klik disini  atau pilih yang ini 

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar