In Kuliah

Dunia bisnis dengan dunia Teknologi Informasi (TI)

     Kali ini saya akan membahas tentang hubungan dunia bisnis dengan dunia teknologi informasi. Sekarang ini sudah tidak bisa dihindarkan lagi bahwa dunia teknologi informasi berperan penting dalam segala aspek di dalam kehidupan manusia. Sebelum saya menjelaskan tentang hubungan dunia bisnis dengan dunia TI, sebaiknya kalian simak baik-baik tentang pengertian bisnis terlebih dulu. 

Pengertian Bisnis

    Menurut seorang ahli yang bernama Mahmud Machfoedz, "bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi barang atau menjual jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen pada tingkat keuntungan tertentu."

     Tujuan dari bisnis itu sendiri adalah sebagai berikut :
1. Profit (keuntungan)
2. Growth (pertumbuhan)
3. Continuity (berkesinambungan)
4. Stability (Stabilitas)
5. Public Service (Pelayanan Umum)
6. Will Fare (Sejahtera)

     Selain kalian tau, apa sih bisnis itu sama tujuan bisnisnya. Kalian juga harus pintar mencari kesempatan bisnis dan usaha. Jika kalian ingin menjalankan suatu bisnis atau berkecimpung dalam dunia bisnis, kalian harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya:

1. Penuhi kebutuhan konsumen
2. Jual keunikan
3. Duplikasi usaha lain
4. Beri fasilitas tambahan
5. Jual keterampilan
6. Jadi agen
7. Jual barang second
8. Buka kantor
9. Jalankan DS/MLM
10. Beli waralaba

     Pasti kalian berpikir kan, kenapa sih perlu belajar bisnis?? Jika kita bisa berbisnis atau menguasai seluk beluk bisnis, salah satu contohnya bisnis internet, maka kita bisa menjual suatu produk atau jasa melalui internet, jika pintar dalam menjual jasa atau produk maka kita akan memperoleh uang.

     Dari penjelasan mengenai pengertian, tujuan, dan kesempatan yang ada dalam dunia bisnis. Gimana sekarang sudah sedikit mengerti kan tentang dunia bisnis??? Oiya tadi saya bilang kan ingin menjelaskan hubungan dunia bisnis dengan dunia TI. Tapi, kalian juga harus mengetahui apa sih teknologi informasi itu. Yuk, kita simak penjelasan berikut.

Pengertian Teknologi Informasi

    Sebelum saya menjelaskan apa sih teknologi informasi itu. Kalian harus tahu dulu apa itu teknologi dan apa itu informasi.

     Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya.

  Informasi adalah hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian (penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan bagi penggunanya).

     Menurut seorang ahli yaitu (William dan Sawyer, 2003)
"Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video."

   Jadi, dari penjelasan diatas bisa ditarik kesimpulan. Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yang digunakan untuk keperluan pribadi atau pun bisnis. 

   Setelah kalian mengetahui bisnis itu apa dan teknologi informasi itu apa. Ini saatnya saya menjelaskan tentang hubungan dunia bisnis dengan dunia TI. 

Hubungan Dunia Bisnis dengan Dunia TI

    Sekarang ini, aspek ekonomi dan sosial tidak dapat dilepaskan dari informasi. Di era informasi sektor bisnis dibagi menjadi dua yaitu, sektor bisnis primer dan sektor bisnis sekunder. Teknologi informasi dimanfaatkan untuk berusaha semakin dekat dengan konsumen, dan kemampuan teknologi informasi mendekatkan jarak dan waktu. Teknologi informasi juga digunakan dalam peningkatan kualitas produk dan manajemen perusahaan secara terus menerus untuk memenuhi kebutuhan pasar. 

    Di masa kini, bisnis berkembang sangat cepat. Dunia bisnis menghadapi tekanan untuk bisa berproduksi lebih banyak dengan sumber daya yang semakin sedikit. Pada tekanan ini melibatkan penggunaan teknologi informasi, maupun sistem informasi. Dalam beberapa kasus, teknologi informasi menjadi solusi satu-satunya dalam memecahkan masalah-masalah tersebut.

     Beberapa contoh tekanan-tekanan pada dunia bisnis yang bisa diatasi dengan TI
1. Market
   * Global competition (Kompetisi bisnis telah memasuki tingkatan internasional atau global).
    * Competitive (Sifat persaingan dalam dunia bisnis yang semakin hari semakin kompetitif).

2. Technology
   * Innovation (Dunia bisnis selalu menuntut inovasi - inovasi dan terobosan terbaru dalam dunia bisnis itu sendiri).
  * E-commerce (Perdagangan maupun pemasaran yang sudah menggunakan kecanggihan teknologi dari TI).
  * Information Overload (Berlebihnya informasi, sehingga menjadikan banyak informasi-informasi yang tidak berguna atau spam).

3. Society
   * Social Response (Respon sosial pada bisni yang para pelakunya jalankan).
     * Goverment Regulatin (Peraturan pemerintah). 
     * Ethics (Budaya dan etika bisnis yang harus ditaati).

    Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaku bisnis sangat memerlukan teknologi informasi untuk menjalankan bisnisnya. Apa yang kita bisa dapat dengan teknologi informasi dalam bisnis kita:

1. Penggunaan teknologi informasi sangat besar dan sangat bermanfaat.
2. Struktur organisasi, manajemen, dan proses bisnis bisa dirubah dengan teknologi informasi.
3. Peluang karir sangat terbuka di dunia teknologi informasi.
4. Teknologi informasi mempengaruhi setiap bagian fungsional di dalam dunia bisnis.

   Nah, gimana nih?? Dari penjelasan diatas sudah mengerti belum tentang hubungan dunia bisnis dengan dunia TI. Saya harap kalian bisa memahami dan mengerti dari penjelasan yang saya berikan. Sekian yang bisa saya jelaskan. Mohon maaf jika ada kesalahan ^__^v 





Untuk lebih lanjut tentang materi tersebut bisa di liat di link ini:
Untuk materi pengertian bisnis bisa  Klik disini

Untuk materi pengertian teknologi informasi bisa Klik disini

Untuk materi hubungan bisnis dengan dunia IT bisa Klik disini atau Klik disini





Terima kasih yang udah mau baca blog ini, salam

deshitong ^___^v
 









Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar